Kebebasan Monkey D. Luffy Dalam Tinjauan Konsep Durée Henry Bergson

Hari ke 6836. Hampir tiga minggu sudah sejak terakhir kali aku menulis diblog ini.

Sebuah Latar Belakang

Aku adalah pecinta One Piece. Tiga tahun sudah sejak pertama kali aku jatuh cinta kepadanya. Bermula dari aku yang meng-copy anime one piece sejak episode pertama hingga episode dressrosa dari saudaraku. Sejak saat itu juga hampir setiap hari aku selalu mengulang-ulang beberapa episode episode yang menurutku menarik. Sebuah alasan ? mungkin karena ada banyak hal yang dapat aku pelajari dari bagaimana Luffy hidup dan untuk mengingatkanku hanya untuk perlu menjadi orang bodoh.

Kemudian beberapa saat yang lalu aku membaca beberapa tulisan tentang pemikiran dari henry bergson ( 1859-1941 ). Sebelumnya, henry bergson ini adalah seorang filsuf dari prancis yang juga penerima the Nobel Prize for Literature  1928.

Dan dari kedua latar belakang itu aku tertarik untuk menulis tulisan ini.

Luffy, Bajak Laut dan Kebebasannya

 

luffy1

Luffy, yang adalah tokoh utama dari cerita one piece ini, pertama kali mengenal dunia bajak laut dari seorang bajak laut. Akagami no Shanks. Seorang bajak laut yang telah diketahui adalah salah satu dari empat yonkou yang ada. Luffy yang kekanak-kanakan awalnya sekedar menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh Shanks dan krunya adalah orang orang bebas.

Hingga Suatu ketika terjadi insiden yang membuat Shanks harus kehilangan tangannya. Sebenarnya disini aku bertanya tanya, apa memang situasinya benar benar segawat itu hingga sh

anks dapat kehilangan tangannya ? padahal seharusnya dia bisa menggunakan haki-kecuali memang konsep haki memang baru ada setelah pertengahan cerita… tetap saja aneh, atau dengan menggunakan pedangnya untuk melayangkan monster laut itu yang mana Luffy dan zoro dikemudian hari dapat dengan mudah melakukannya. entahlah. Dan dari situ shanks menitipkan topi jerami milik rogger kepada luffy.

Mimpi terus berkembang, Luffy menetapkan mimpinya untuk menjadi seorang raja bajak laut. Bukan apa-apa. Menurutku, dan memang beberapa kali dikatakan kalau alasannya menjadi raja bajak laut adalah untuk mencari kebebasan. Karena dengan menjadi raja bajak laut dia dapat melakukan apapun.

Dari situ aku menyimpulkan kalau kebebasan yang coba dibawakan oleh eichiro oda adalah bagaimana seseorang bebas melakukan sesuatu.

Durée dan Kebebasan Henry Bergson

Dimulai dari karyanya yang berjudul sur les donnees immadiates de la concience Henri Bergson membagi konsep waktu menjadi dua, yakni waktu yang muncul dalam teori konsep ilmu alam dan waktu yang manusia alami secara langsung.

Biasanya dalam konsep waktu yang dipelajari dalam ilmu alam, kita akan mengafiliasi waktu dengan ruang. Dan konsekuensinya, ia dimaksudkan dalam bentuknya yang kuantitatif. dihitung dalam tinjauan jam, menit dan detik dalam satuan internasionalnya. Dan penggunaannya yang sudah jelas dalam penggunaan objek objek fisis duniawi, yang dipelajari dalam fisika dan kimia.

Berbeda dengan itu, Konsep waktu yang dialami manusia secara langsung merupakan pendefinisian dengan pendekatan kualitatif. Dalam karyanya creative evolution bergson menyatakan kalau Durée adalah waktu yang dialami oleh subjek secara langsung. Ia adalah sebuah kontinuitas yang tak terputus ” Duration is the continuous progress of the past which gnaws into the future ad which swells as it advances.”

Ia adalah sebuah kesadaran. Dan disini aku menangkap kalau apa yang dimaksud dengan waktu adalah berbeda beda bagi setiap individu. Bagaimana seseorang lebih hidup dan merasakan sekelilingnya atau tidak, itu adalah bagaimana Durée seseorang akan berbeda dengan yang lainnya.

Dengan menganggap bahwa Durée adalah sebuah kesadaran, maka akan menunjukkan dasar dasar kebebasan manusia dan membuang determinisme sendiri. Determinisme menutut bergson menyatakan kalau kebebasan bukanlah pilihan untuk ada. Semisal, dalam suatu kesempatan kita mengambil sebuah keputusan dan keputusan itu membimbing kita pada percabangan, dan barang tentu kita akan mengambil salah satu dari percabangan itu. Bagi orang orang yang memang memiliki pengetahuan lengkap sudah tentu kalau percabangan percabangan itu bahkan bisa diprediksi sebelumnya.

Jadi, Kebebasan menurut bergson adalah suatu pengalaman langsung. Orang akan merasakan dirinya bebas, walaupun dia sendiri tidak akan mampu untuk menjelaskan apa itu kebebasan sebenarnya. Kebebasan yang dimaksud oleh bergson adalah kebebasan yang muncul seketika ketika kita sedang menghadapi sesuatu, sebuah kehendak yang langsung kita lakukan tanpa mempertimbangkan hal hal lainnya. Ia muncul secara spontan sebagai efek dari kepribadian dan masa lalu.

Luffy dan Konsekuensi Durée ( Kebebasan ) Bergson

Dalam one piece kita akan berkali kali melihat bagaimana Luffy mengambil keputusan sekehendaknya dan hanya berpacu pada instingnya. Tidak hanya ketika menentukan tujuan tujuan petualangan krunya, tetapi bahkan ketika ia sedang menghadapi musuh musuhnya. Misal, ketika ia langsung tanpa berpikir panjang ketika maju melawan big mom, yang secara logika barang tentu dia akan kalah. dan memang kalah.

Kesimpulan

Maka sesungguhnya karakter Luffy yang dibentuk dari pengalaman pengalamannya seperti dibuang ke hutan, diterbangkan dengan balon dan diterjunkan ke jurang tak berujung oleh Monkey D. Garp telah membuatnya menjadi orang yang bebas dalam perspektif Henry Bergson. Pun denganku.

Maka ketika ia menjadi raja bajak laut, kelak… Raja Bajak laut sebagai simbol orang paling bebas adalah raja bajak laut yang akan dia menjadi. Karena memang ia adalah orang yang paling bebas menurutku. Seorang dengan kebebasan yang mengisi suatu posisi, dan membentuk citranya.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s